Monday, January 28, 2013

Ciri-ciri akan melahirkan : Kehamilan Lewat Waktu Persalinan



Ciri-ciri akan melahirkan - Kehamilan berlangsung sekitar 280 hari, sehingga dapat diperhitungkan perkiraan kelahiran, dengan rumus dari Naegle. Tanggal menstruasi terakhir ditambah tu­juh hari dan bulannya ditambah Sembilan, merupakan perkiraan kelahiran bayi.


Contoh:
Menstruasi terakhir 7 April 1995. Perkiraan melahirkan: 14 Januari 1996.
Plasenta janin telah menjadi tua sejak kehamilan berumur 28-30 minggu dan terus makin tua sehingga berkurang ke­mampuannya untuk memberikan nutrisi cukup untuk tumbuh kembangnya janin dalam rahim. Bersamaan dengan makin tuanya plasenta semakin berkurang me­ngeluarkan hormonal, yang dapat mem­pertahankan kehamilan. Dengan turun­nya hormonal, maka pada waktunya dapat terjadi kontraksi otot rahim untuk memu­lai persalinan.

Meskipun persalinan diperkirakan dengan rumus Naegle, tetapi hanya sekitar 5%-10% yang bersalin tepat pada waktu­nya. Persalinan dapat terlambat tetapi tidak boleh lebih dari 14 hari. Melampaui batas waktu 14 hari, plasenta sudah demikian tua sehingga dapat membahayakan jiwa janin sampai dengan kematian dalam rahim. Untuk menyelesaikan kehamilan lewat waktu diperlukan pemerik­saan seksama, pada pertolongan persalin­an tidak boleh terjadi gangguan dan mem­bahayakan jiwa janin dalam rahim. Pe­meriksaan yang penting adalah pemeriksaan USG untuk mengetahui gerak jan­tung janin, jumlah air ketuban dan kekentalannya, dan penuaan yang terjadi pada plasenta. Atau dengan melakukan tes tentang kemampuan plasenta untuk memberi­kan nutrisi dan oksigen kepada janin yang dikerjakan dengan pemantauan ketat.

Bila berhadapan dengan kehamilan le­wat waktu, dimana tanggal rencana per­salinan dilampaui, atau sebagian besar hamil yang sebaya telah lahir, sebaiknya berkonsultasi dengan bidan atau dokter.

No comments:

Post a Comment