Tuesday, January 29, 2013

Ultrasonografi

Ultrasonografi
Ultrasound, sebuah alat yang diciptakan berdasarkan pengetahuan tentang sinar, yang dipergunakan oleh kapal selam, un­tuk melakukan deteksi terhadap lawannya. Perkembangan alat ultrasonografi, yang mempergunakan "suara" ultra (suara yang tidak dapat didengar oleh telinga manusia) sekarang untuk kepentingan medis.

Sebuah "probe" dipergunakan untuk menimbulkan suara ultra dan sekaligus untuk menerima suara baliknya. Suara ba­lik inilah yang kemudian dapat diubah menjadi bayangan sehingga berbagai keadaan janin dalam rahim dapat ditentukan. Kegunaan alat ini kini sangat mem­bantu untuk menegakkan kelainan dalam bidang kebidanan dan penyakit kandung­an, yang melalui pemeriksaan biasa sulit ditetapkan, serta dapat dilakukan dalam praktik harian.

Masyarakat telah terbiasa dengan alat ini, mereka meminta pemeriksaan ini un­tuk mengetahui kepastian kehamilan, pe­nyakitnya, dan yang paling sering untuk menetapkan jenis kelamin bayinya.

Pada kehamilan lanjut, ultrasonografi dapat membantu untuk menetapkan ke­mungkinan kehamilan: perhitungan berat janin dalam rahim, posisi janin dalam rahim, letak plasenta, jenis kelamin, umur kehamilan dan perkiraan kelahirannya. Bagi mereka yang lupa akan tanggal haid terakhirnya dengan ultrasonografi dapat diperkirakan hitungan persalinannya.

No comments:

Post a Comment