Sunday, January 27, 2013

Tanda-tanda bahaya kehamilan : Komplikasi pada Kehamilan

Tanda-tanda bahaya kehamilan - Pada beberapa wanita ada kemung­kinan mengalami penyimpangan dalam perjalanan kehamilannya. Ada be­berapa komplikasi yang dapat dialami seorang wanita hamil. Komplikasi ini dapat dibagi sesuai mana kehamilannya yaitu pada kehamilan muda atau kehamilan tri­mester ketiga.


Hiperemesis Gravidarum
"Morning sickness" dengan muntah terus menerus, makan kurang dapat menyebab­kan gangguan suasana kehidupan sehari­-hari dalam situasi demikian disebut hipe­remesis gravidarum. Pada tingkat ringan, sebaiknya memeriksakan diri dengan geja­la muntah berlebihan, keadaan lemas dan lemah, sakit pada ulu hati (perut bagian atas), tidak mau makan, berat badan tu­run, turgor (kekenyalan) kulit berkurang, lidah kering, mata cekung, kecepatan nadi meningkat, dan tekanan darah turun.

Hiperemesis sulit dirawat dengan pe­ngobatan biasa dan perlu dirawat di ru­mah sakit, untuk mendapatkan "cairan pengganti" sehingga sirkulasi darah segera kembali, serta meningkatkan metabolisme tubuh. Pada tingkat ringan belum terjadi gangguan metabolisme dan merupakan waktu yang tepat untuk mendapat pengo­batan yang adekuat. Dengan makin me­ningkatnya muntah keadaan ibu makin bertambah buruk.

No comments:

Post a Comment