Sunday, January 27, 2013

Pemeriksaan fisik ibu hamil : Kehamilan Diluar Kandungan

Pemeriksaan fisik ibu hamil - (Kehamilan Ektopik)

Salah satu fungsi saluran telur untuk membesarkan hasil konsepsi (zigot) sebe­lum turun dalam rahim. Tetapi oleh kare­na beberapa sebab, dapat terjadi gangguan dari perjalanan hasil konsepsi dan ter­sangkut serta tumbuh dalam tuba (saluran telur).

Saluran telur bukan tempat ideal (se­benarnya) untuk tumbuh-kembang hasil konsepsi, karena kemampuannya terbatas. Disamping itu penghancuran pembuluh darah oleh proses proteolitik (penghancu­ran protein) jonjot koreon, menyebabkan "pecahnya" pembuluh darah. Gangguan perjalanan hasil konsepsi sebagian besar karena "infeksi" yang menyebabkan perlekatan saluran telur atau saluran telur bun­tu. Pembuluh darah pecah karena tidak mempunyai kemampuan berkontraksi, maka perdarahan tidak dapat dihentikan dan tertimbun dalam ruang abdomen (pe­rut). Jumlah darah yang cukup besar da­lam ruangan perut dapa, dilakukan pemeriksaan dari luar, sehingga membantu menegakkan kemungkinan hamil ektopik terganggu.

Kehamilan ektopik merupakan salah satu "keadaan darurat" yang segera harus mendapat tindakan pembedahan, untuk mengambil sumber perdarahan sehingga bahaya lebih lanjut dapat diatasi.

Bagi ibu, perlu memperhatikan "gejala trias hamil ektopik terganggu" sehingga harus segera datang memeriksakan diri.

No comments:

Post a Comment